PASANG IKLAN GRATIS!!!!

http://furnituredesign-joglosmart.blogspot.com

Pasang iklan langsung, cepat dan gratis. New Fair System, bagi-bagi keuntungan.

Selasa, 03 Februari 2009

Taman Tropis Moderen

img_1409 Tanaman tropis diaplikasikan dalam komposisi tegas yang serba bersih menciptakan kesan simpel dan modern melengkapi rumah tropis suasana resor ini.

Jika biasanya tanaman tropis diaplikasikan dalam komposisi yang serba natural maka tampilan taman yang menyelimuti bangunan tropis dua lantai ini memberikan kesan yang berbeda dari biasanya. Secara umum tidak ada pilihan tanaman yang khusus untuk taman ini, karena jenis-jenis tanamannya sama dengan yang biasa kita jumpai. Perbedaannya adalah cara penataannya sehingga secara keseluruhan memberi tampilan yang unik.

img_1248 Prinsip awal desain untuk ruang luar rumah tinggal ini ditangani oleh tim arsitek Herwin dan Leoni yang bekerja sama dengan desainer lanskap Heri Syaefudin. Massa bangunan mendominasi area kaveling sehingga tersisa area selebar 5 meter saja yang mengelilingi area samping dan muka bangunan. Dengan tembok pembatas kaveling yang cukup tinggi mengelilingi bangunan maka praktis hanya sedikit area yang tersisa untuk membuat taman agar rumah tersebut menjadi lebih bersuasana resor seperti yang direncanakan. Untuk menyiasatinya, dibuat taman yang kesannya lebih ‘vertikal’ yaitu dengan memilih tanaman yang karakter tumbuhnya vertikal dengan memanfaatkan bidang vertikal sepanjang garis pagar.

Jalur pedestrian berbentuk L dibuat mengikuti garis pagar. Bangunan dimulai dari pintu masuk menuju ke teras samping. Jalur dibuat tegas dan jelas berupa pengerasan batu andesit yang secara prinsip memisahkan taman menjadi dua area yaitu area tanaman dan area rumput. Area tanaman berada pada posisi pagar sedangkan area rumput berada di sekitar bangunan. Komposisi seperti ini memberi efek luas pada ruangan yang terbatas.

img_1204 Tanaman yang karakter tumbuhnya vertikal ditanam secara homogen dalam jumlah massal untuk mengisi satu bidang lahan. Beberapa jenis tanaman yang bertajuk melebar ditanam pada area-area tertentu untuk menaungi sekitar area sekaligus untuk keseimbangan bentuk terhadap bangunan.

Variasi dan dinamika dari komposisi yang homogen itu mengikuti dinamika dinding pagar yang dibuat bervariasi. Pagar yang rendah dilengkapi dengan tanaman yang skalanya kecil seperti tanaman irish yang melatarbelakangi pagar setinggi satu meter berwarna hitam. Tinggi maksimal tanaman hanya mencapai 70 cm berada pada skala yang berimbang dengan pagar, sedangkan untuk pagar yang tinggi menggunakan bambu hijau yang tingginya bergradasi.

img_1233 Komposisi yang sedikit kompleks dijumpai pada area di sekitar pintu masuk sebagai penekanan untuk welcome area. Sepasang kamboja kuning meneduhi area pintu masuk yang letaknya berjenjang semakin tinggi menuju area foyer. Tanaman hias dari kelompok Bromelia menjadi penutup tanah di seputar pohon. Komposisi tanaman yang sejenis juga mewarnai area plaza di sekitar teras samping. Area multifungsi yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan outdoor keluarga ini menekankan pada aspek keteduhan untuk menunjang kenyamanan saat beraktivitas. Agar kesan bersih pada area plaza menjadi lebih kentara, maka area penanaman diatur dalam bak setinggi 60 cm sejajar dengan tinggi lantai di dalam rumah. Beragam tanaman tahan teduh seperti Costus dan maranta mengisi komposisi bak tanaman ini.

Elemen hardmaterial juga diaplikasikan pada taman ini. Selain untuk memberikan aksentuasi juga untuk memberikan dinamika pada taman yang bentuknya sempit memanjang dan serba geometris ini. Pengolahan dinding dengan sebuah aksesori gentong gerabah yang diberi hiasan kulit telur menjadi salah satu contoh pengolahan yang elegan. Penampilannya ibarat sebuah lukisan berbingkai yang menjadi eye catcher bila dilihat dari arah ruang-ruang dalam. Untuk menikmati keindahan taman, ditempatkan gazebo Bali tepat di titik sudut taman. Gazebo yang terbuat dari kayu kelapa beratap ilalang menjadi “jeda“ antara area depan dan area pribadi ke taman yang lebih masuk dalam.

Lokasi : Rumah tinggal di Jakarta Utara
Arsitek : Herwin Octavianus dan Leoni Sukandar
Lanskap : Heri Syaefudin dari GONKU Nursery
Lighting : Leni dari Lentera Art Lighting

Tidak ada komentar: